Jumat, 25 November 2011 0 komentar

Softkill Minggu Ke-2

Proses bisnis
Akutansi pada dasarnya adalah suatu sitem informasi dan sangat penting bagi para akuntan untuk mengetahui bagaimana sistem inforasi beroperasi.Para akuntan harus terbiasa dengan proses bisnissebelum mereka dapat mengevaluasi atau maendesain satu sistem informasi akutansi.pada proses bisnis harus mengetahui 5 pedoman seperti berikut:
Pedoman 1: kenali kejadian pertama dalam suatu proses ketika seorang atau suatu departemen dalam sebuah organisasi menjadi bertanggung jawab terhadap suatu aktifitas.untuk tujuan mengidentifikasi kejadian , proses dimulai ketika seseorang/departemen dalam organisasi menjadi aktif. Untuk selanjutnya orang/departemen yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut di sebut agen internal. Aktivitas yang terjadi sebelum age internal dilibatkan tidak berkaitan langsung dalam memahami  proses suatu perusahaa. Terutama sekali karena ini berkaitan dengan sistem informasi.
Pedoman 2:
Abaikan aktivitas yang tidak memerlukan keikut sertaan agen internal.oleh karena itu tidak satupun aktivitas tersebut di perlakukan sebagai satu kejadian didalam proses pendapatan.

Pedoman 3:
Kenali suatu kejadian baru ketika tanggung jawab dipindahkan dari satu agen internal ke agen internal lainnya. Ketika tanggung jawab untuk aktivitas di suatu proses begeser dari satu agen internal ke lain , suatu perubahan yang signifikan biasanya terjadi.

Pedoman 4:
Kenali kejadian baru ketika suatu proses sudah di sela/diinterupsidan di lanjutkan oleh agen internal yang sama.setelah interupsi seseorang diluar organisasi atau proses itu mungkin memulai proses tersebut.

Pedoman 5:
Gunakan satu nama kejadian dan uraian yang mencerminkan sifat umum dari kejadian itu. Relatif mudah untuk mengidentifikasikan agen internal, tetapi menemukan sebuah nama yang pantas untuk suatu kejadian yang dapat terdiri atas beberapa aktivitas, merupakan sesuatu yang lebih sulit. Pilihan sebuah nama untuk kejadian yang ringkas dan mencerminkan tujuan utama dari kejadian

E-Business

Istilah e-bisnis dan e-comrce sering kali membingungkan satu sama lain. Maka istilah satu sama lainnya adalah:
·                         E-bisnis : terdiri atas semua jenis pertukaran elektronikdengan pelanggan dan pemasok maupun operasi dan  komunikasi bisnis internal

·                    E-commerce: bagian yang berorientasi transaksi dari e-bisnis yang memungkinkan proses pembelian dan penjualan melalui web dan teknologi jaringan pemilik



Dasar – dasar E-Bisnis

Pada sistem klien server modern, suatu aplikasi dapat melibatkan banyak peranti lunak yang di jalankan pada sistem komputer yang berbeda-beda. Aplikasi e-bisnis memerlukan interaksi sedikitnya antara dua komputer dan sehingga sedikitnya memerlukan sedikitnya dua peranti lunak. Peranti lunak pada server memproses permintaan dan mengembalikan dokumen yang sesuai ke browser web.

Bahasa umum untuk  pertukaran ini yang digunakan oleh browser dan server adalah ( hypertext markup language(HTML). HTML merupakan bahasa markup yang memyediakan label standar untuk menstrukturkan dokumen.dalam mengakses informasi dari situs web, pemrosesan di pecah pemrosesan di pecah antara peranti lunak server dengan klien.

Sebagai contoh, pertanti lunak klien browser menginterpretasikan HTML dalam dokumen dan menampilkannya dengan cepat dan tepat. HTML digunakan untuk menstandarisasi pertukaran dokument di web. Meskipun proses pembuatan dokument HTML di luar lingkup tetapi html di gunakan untuk mengkomunikasikan informasi lintas web. Salah satu fitur penting dalam html adalah kemampuan untuk menghubungkan dokumen secara bersama-sama.
Perangkat label yang berguna lainnya adalah yang di gunakan untuk mendefinisikan tabel. Ini menunjukan bagaimana cara html bekerja.halaman web dapat di klasifikasikan menjadi statis maupun dinamis.halaman web statis(static web page) merupakan halaman yang di buat di HTML yang tidak berubah secara otomatis sehingga respon terhadap permintaan pengguna atau sebagai akibat dari perubahan informasi yang mendasari.
Biaya penting yang diperhatikan adalah :
1.                  Merekayasa ulang proses bisnis
2.                  Mendesain antar muka pengguna grafis
3.                  Mengintegrasikan operasi back-end seperti pemrosesan pesanan dan persediaan.

e-bisnis dapat digunakan sebagai interaksi dengan pelanggan di sepanjang proses pendapatan.e-bisnis dapat di gunakan untuk meningkatkan pengetahuan pelanggan mengenai produk perusahaan. Untuk perusahaan dengan jumlah produk yang terbatas tidak sering berubah, halaman HTML mungkin cukup sebagai awal.perusahaan juga ingin situsnya mudah di perbaharui karena sumber daya yang terbatas untuk pemeliharaan situs.

Pada awalnya perusahaan memproses pemesanan secara manualsetelah mendownload dari situs web. Perusahaan sedang mengotomatisasiback-end pemrosesan pesanan dengan menggunakan kombinasi staff TI sendiri dan pemasok luar. Sektor bisnis juga memfokuskan pada konsep manajemen rantai nilai.Bentuk E Commerce yaitu:
Ada beberapa bentuk E Commerce seperti

·         BUsiness to business (B2B)
·         B2B adalah tipe e commerce yang mengutamakan kerjasama transaksi antar perusahaan dengan menggunakan media elektronik
·         Collaborative Commerce (C Commerce)
Dalam C Commerce, partner bisnis saling bekerjasama secara elektronik.kerjasama ini biasanya terjadi sepanjang rantai produksi suatu barang atau jasa, misalnya produsen dengan distrbutornya.
·         Bussiness to Consumers (B2C)
Pada B2C, pihak penjual adalah organisasi, sedangkan pihak pembeli biasanya individu

·         Consumers to business (C2B)
C2B dapat mungkin konsumen membuat request akan kebutuhannya terhadap sebuah barang atau jasa kemudian organisasi atau perusahaan bersaing untuk menyediakan barang atau jasa tersebut kepada konsumen.
·         Consumers to Consumers (C2C)
Transaksi antar individu seperti menjual produk atau jasa kepada individu lain
IntraBusiness Commerce
Penggunaan E Commerce dalam lingkup internal perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kinerja dan operasi
·         Government to Citizens (G2C)
Pelayanan pemerintah terhadap warga negaranya melalui teknologi E Commerce, selain itu.dapat digunakan untuk kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah lain atau dengan perusahaan
·         Mobile Commerce
Mobile Commerce memungkinkan penggunaan E Commerce tanpa kabel, seperti mengakses internet melalui handphone
Pembagian e-business antara lain :
  1. Customer Relationship Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan pelayanan, anggapan dari konsumen.
  2. Enterprise Resource Planning (ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and finance, human resource, sales and distribution, order management.
  3. Enterprise Application Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
  4. Supply Chain Management (SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
Manfaat implementasi e-business adalah :
·         meningkatkan kinerja operasional perusahaan
·         meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
·         meningkatkan efisiensi perusahaan
·         mempermudah pengolahan aset perusahaan
·         meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
·         meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
·         mengatasi kesenjangan digital
·         media mempromosikan kompetensi perusahaan
·         memperlancar transaksi bisnis
·         sarana penyebaran informasi secara luas
Perbedaan e-business dengan e-commerce
e-commerce : mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara electronik termasuk internet.
e-business : memiliki definisi lebih luas dari e-commerce karena di dalamnya tidak hanya pembelian dan penjualan namun layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis dan mengelola transaksi elektronik dalam organisasi. atau dapat disimpulkan e-business mencakup segala aktivitas dan aspek yang ada di ecommerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi).

Selain berkomunikasi dengan pelanggan dan pelanggan, perusahaan dapat menggunakan teknologi internet untuk operasi internal dan pengambilan keputusan. Intranet melibatkan penggunaan teknologi internet di dalam organisasi. Teknologi internet mecakup alat-alat yang di bahas di muka seperti HTML, javascript dan ASP. Organisasi menggunakan intranet dengan berbagai cara empat jenis umum penggunaan adalah komunikasi internal, pekerjaan kolaboratif , akses ke basis data dan arus kerja. Salah satu penggunaan intranet paling awal adalah membuat informasi perusahaan tersedia secara elektronik tanpa harus mengirim banyak dokumen kertas.

Judul buku: sistem informasi akutansi jilid 1.
Halaman : 26-30
Pengarang: Dasaratha V.rama/fredick L.jones
Judul buku: sistem informasi akutansi jilid 2.
Halaman: 236-245
Pengarang: Dasaratha V.rama/fredick L.jones


No Response to "Softkill Minggu Ke-2"

Posting Komentar